Saturday 26 January 2019

Hidup Susah, Kok nanya Google...

"Mengapa hidup saya susah dan pas-pasan?”
Sapei nulis di Google searching....

Lalu temennya si Sapei nyeletuk;

Lha...kalau hidupnya susah, ngapain harus nanya ke Google yaa?
Maing coba nimbrung menjawab omongan si Sapei:
Bro...nasib seseorang kadang bisa ditebak dari soal yang amat sederhana: Apakah ia bekerja di Bank Indonesia, Pertamina atau Astra Internationl atau di PT. Masih Malu Malu atau PT. Pengen Order.

Kalo gitu kenapa tidak bisa diterima bekerja di perusaahaan bonafid dengan gaji manajer yang tembus Rp 30 juta per bulan (seperti di Unilever, Bank Danamon, atau Pertamina)? Gerutu Sapei sambil ngisep bako gulung daun jagung dalem dalem....

Kata Maing, yaaa jawabannya balik lagi ke: Kompetensi. Jangan bilang nasib ya mas broo.
Nasibmu redup karena ya memang kompetensi-mu alakadarnya...bukan salah presiden muu, apalagi orang lain!

Kalo kamu usaha sendiri atau wiraswasta, hidup pas-pasan, bahkan dikejar-kejar debt collector, ya karena bisnismu gagal tho lee nyungsep ke comberan. So siapa bilang jadi entrepreneur itu enak? Enak dari Hongkong?

Lalu kenapa bisnisnya gagal? Pertama-tama karena memang produk atau layanan yang dijual ente abal-abal. Gak punya konsep yang jelas. Atau bahasa kerennya, tidak punya uniqe selling propositions.

Ini problem utama bagi yang mau bikin bisnis sendiri. Produk atau layanan yang mau dijual tidak disiapkan dengan matang, dengan perencanaan konseptual yang jelas.

Disinilah sejatinya ujian paling nyata bagi kemampuan kreatifitas dan kompetensi calon great entrepreneurs yang baik..timpal si Maing nyindir Sapei yang lagi plangak plongok...

Bisnis atau usaha ya harus punya planning bisnis, gak cukup cuman semangat doang bro, apalagi janji capres buat ngejagain bisnis mas bro Sapei bisa maju dan kaya mendadak..hehehe...

Semua hal terpulang dari kemampuan mas bro meningkatkan kesejahteraan nya sendiri..negara cuma ngatur biar warga-nya nyaman berusaha di negara ini... :) :)


By:admin

0 komentar:

Post a Comment