Saturday 1 September 2018

Berjuang Sepenuh Hati Demi Martabat Negara Tercinta.

Asian games yang diadakan tiap 4 tahun ini sedang berlangsung di Indonesia selaku tuan rumah, tepatnya Palembang dan Jakarta dari tanggal 18 Agustus s/d 02 September 2018.


Mulanya masyarakat terlihat tidak begitu antusias mendukung event olahraga ASIA ini.. entah kenapa ya, padahal ini adalah event olahraga antar negara Asia. Yang mereka bicarakan hanya soal kali item, jaring oksigen, trotoar, dan ujung ujungnya berbau politik praktis yang membuat sempitnya rongga logika berpikir.

Begitu event Asian Games dibuka yang disiarkan melalui media massa dan tentu saja  menjadi trending topik, barulah masyarakat berani menyibakkan selimut logikanya melihat keriuhan bangsa Asia yang akan berkompetisi mengangkat martabat bangsanya.

Kita semua tahu kalo bangsa Indonesia saat ini dikondisikan oleh kaum politisinya untuk berpikir soal kekuasaan kelompok semata, bukan soal berjuang untuk mengangkat martabat dan harga diri bangsa di mata dunia.
Dan sangat disayangkan ada saja segelintir masyarakat, mungkin saja kelompok masyarakat yang mencari cari kesalahan dan kelemahan penyelenggaraan sebagai upaya kepentingan politik semata.

Jujur saja, saya tidak begitu suka nonton acara olahraga. Menonton event olahraga internasional seperti Asian Games, Sea Games atau Olympiade jarang sekali, tapi sekarang malah antusias juga nonton meskipun hanya dari televisi, ini juga setelah nonton acara opening ceremony yang begitu menakjubkan, hal ini yang membuat saya suprise kalau pemerintahan presiden Jokowi bisa menyelenggarakannya untuk menaikkan harkat dan martabat serta kebanggaan bangsa Indonesia dimata dunia khususnya Asia..dan saya  apresiasi untuk event besar ini.

Utut Adianto, Wakil Ketua DPR - RI yang juga mantan atlet catur bergelar grandmaster mengatakan bahwa kepedulian dan kesiapan Indonesia dalam event Asia menunjukkan keberpihakan pemerintah terhadap dunia olahraga. Dan inilah momentum yang membanggakan kita sebagai bangsa yang besar.
Dengan infrastruktur yang disiapkan, kita sejajar dengan bangsa-bangsa maju yang lain.

Kata founding father kita bahwa: Olahraga itu alat "perjuangan bangsa Indonesia untuk memperkokoh persatuan nasional dan dapat memupuk rasa kebersamaan", juga bisa mendapatkan nilai tambah kegiatan ekonomi yang saat ini lesu.

Sesuai dengan tema Asian Games 2018 'energi of asia', bahwa Indonesia dan bangsanya menjadi energi dengan potensi dan kekuatan untuk menggerakkan asia dan bangsa-bangsa didalamnya, dengan diiringi latar unjuk kompetensi para atlit peserta Asian Games.
Secara tidak langsung juga negara bisa melakukan promosi tentang Indonesia dan sekaligus mengukur daya kompetisi atlet dalam meraih prestasinya. Kita semua tahu bidang olahraga selama ini kurang perhatian dalam pembinaan. Setiap event olahraga yang diikuti, sebagian besar tidak menunjukkan prestasi yang membanggakan.

Opening ceremony di gelora bung Karno tanggal 18 Agustus 2018 saya melihat dan dapat merasakan gairah dan semangat atlet peserta Asian Games 2018 ini sangat besar.
Seperti kontingen Korea Utara dan Korea Selatan, mereka sangat bersemangat setelah pemerintah masing-masing memutuskan kontingen mereka di bawah satu bendera.
Alhamdulillah berkat kerja bersama pemerintah dan pembinaan yang all out di seluruh cabang olahraga yang dipersiapkan menjelang Asian Games memberikan prestasi yang membanggakan dengan perolehan medali diurutan ke 4 (empat).
Dan ternyata dalam cabang olahraga (cabor) pencak silat kita bisa melihat dengan nyata tujuan dari olahraga itu untuk memperkokoh persatuan nasional dan dapat memupuk rasa kebersamaan itu terlihat kekompakan tokoh bangsa yang akan bersaing di pemilihan presiden 2019  mendatang bisa berbincang akrab bersama dalam suasana rileks.

Kita berharap selanjutnya dalam berbagai event Internasional dapat diselenggarakan di Indonesia apalagi pemerintahan sekarang ini sudah membangun sarana dan prasarana modern di seluruh wilayah Indonesia agar bisa meningkatkan nilai tambah ekonomi di bidang non migas dan bidang industri kreatif serta ekonomi kemandirian umat.

Dengan terselenggaranya event Asian Games 2018 kita bangsa Indonesia menjadi percaya diri untuk menjadi energi of Asia, bahwa INDONESIA BISA  !!!!

Semoga

NB: Artikel ini sudah tayang di #IndoVoices 01092018

0 komentar:

Post a Comment