Thursday 28 November 2013

Diary, My spiritual journey of Hajj 2013..eps.4

Hari ke 11 Sabtu 28 Sept ‘13 Subuh terakhir di medinah, checkout jam 08.30 WAS sampai di Bir Ali jam 08.45, untuk miqat,  Pengertian miqat itu sendiri adalah batas tempat dan waktu yang ditentukan bagi setiap Muslim yang akan menunaikan ibadah haji atau umrah ketika hendak memulai ihramnya.
Miqat sendiri ditentukan berdasarkan tempat yang disebut Miqat Makani. Sementara Miqat yang berdasarkan pada waktu dinamakan Miqat Zamani.  
Bagi yang datang dari Madinah, tempatnya di Dzulhulaifah Bir Ali (Abyar 'Ali)
shalat sunah dulu, niat umroh..menuju mekah, sampai mekah jam 14.30 WAS, lapor dulu ke kantor maktab baru menuju penginapan. Di mekah ini saya sekamar dengan 8 jamaah..alhamdulillah kita 9 orang ini meskipun gak seumuran tapi bisa cepat akrab layaknya sudah kenal bertahun tahun, belakangan malah sudah seperti bersaudara. Pukul 21.00 kita menuju mesjidil haram, memulai umrah wajib, selesai pukul 00.30 dini hari..sangat lelah, capek tapi puas bisa menyelesaikan umrah wajib dengan selamat meskipun ramenya mita ampun!!


Hari ke 12 Minggu 29 Sept ‘13 

Hari istirahat..sepanjang hari gak kemana mana..ngumpulin tenaga buat besok lagi.. 

Hari ke 13 Senin 30 Sept ‘13 

Subuh di Haram, berangkat dari penginapan jam 03.00 ..tetap padat di bus maupun di Haram, kita ke mesjidnya rame-rame. Shalat lohor di penginapan, ashar sampai isya kembali shalat di mesjidil haram. 


Hari ke 14 Selasa 01 Okt’13 

Subuh ke haram..lohor sampai isya berjamaah di penginapan 


Hari ke 15 Rabu 02 Okt ‘13 

Subuh ke Haram, ziarah ke tempat kelahiran (maulid) nabi Muhammad SAW, tempat nabi Ibrahim AS menyerukan umat supaya mendatangi ka’bah (sekarang tempat itu sudah menjadi istana raja), mesjid Jin, mesjid kucing, mesjid pohon, makam ma’la.


Hari ke 16 Kamis 03 Okt ‘13 

Subuh ke haram, sudah 2 hari ini shalat diatas, nyaman betul shalat bisa memandang ka’bah yang biasanya cuma dilihat di sajadah atau gambar-gambar saja. Sesudah shalat, kita ber 5 tawaf (kebalik sebenarnya, tawaf dulu baru shalat, tapi sikon tidak mengizinkan seperti itu karena terlalu rame berdesakan),


Alhamdulillah bisa melaksanakan tawaf dengan baik dan selamat meskipun berdesak desakan, kata teman yang nungguin kami membutuhkan waktu +/- 1 jam mengelilingi ka’bah. Ada salah seorang teman yang kesal (kita didiemin) sepertinya karena kelamaan nungguin kita tawaf, yaa Allah ampuni aku yang telah membuat orang kesal.  Ba’da isya rame-rame yasinan di kamar karena kita sekamar bisa khatam al qur’an (3 malam), beberapa teman dari kamar lain ikutan yasinan dan juga ada yg bacain doa-doa.. 


0 komentar:

Post a Comment