Wednesday 25 December 2013

Segala sesuatunya pasti akan berlalu ....


Suatu hari , Raja meminta kepada pengrajin emas kerajaan yang sudah tua renta untuk membuatkan sebuah cincin yang indah dan menuliskan sesuatu yang penting pada cincin tersebut.

Raja berpesan , " Tuliskan sesuatu yang bisa kamu dapatkan dari seluruh pengalaman dan perjalanan hidupmu , supaya itupun bisa menjadi pelajaran untuk hidup saya ".

Hanya dalam waktu 2 bulan , akhirnya cincin yang dipesan sang Raja selesai dikerjakan pengrajin emas kerajaan , namun ada satu hal yang masih mengganjal hati si pengrajin adalah apa yang harus ia tuliskan di cincin itu..ia sadar tulisan yang diminta pada cincin ini adalah sesuatu hal yang sangat penting , ia harus memikirkannya dengan sangat hati-hati.

Setelah berdoa dan tirakat, pengrajin emas mendapatkan ide untuk kalimat yang akan ia tuliskan di cincin sang Raja.. ,setelah menuliskannya. cincin itu diserahkan kepada sang Raja.

Dengan tersenyum ,Raja membaca tulisan kecil di cincin tersebut ,"Dan inipun akan Berlalu".

Awalnya sang Raja tidak begitu paham maksud tulisan itu .Hingga suatu saat ,tatkala sang raja sedang dihadapkan pada persoalan kerajaan yang pelik, ia akhirnya teringat dengan cincin yang sedang dipakainya dan membaca tulisan di cincinnya itu dan ia pun sedikit  lega dan lebih tenang untuk menghadapi permasalahannya ,Raja berkata lirih "Dan inipun akan Berlalu".

Ketika permasalahan tersebut selesai diatasi ,raja mengadakan pesta dan bersenang-senang , tanpa sengaja ia membaca tulisan di cincinnya lagi.. Ia tertegun dan bersikap menjadi  rendah hati , karena ia sadar  bahwa "Dan inipun akan Berlalu".

Makna tersirat dari  kisah ini   : 
Ketika  kita sedang menghadapi per soalan dalam hidup ini , ataupun sedang dalam masa bergembira , ingatlah bahwa  : " Inipun akan berlalu ".

Firman Allah Subhanahu wata'ala ;
" Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap".
(Q.S Al-Insyiroh)

Kalimat ini ,jika kita sadari dengan bijak dapat membuat hidup yang seimbang , karena kita sadar bahwasanya tidak ada yang kekal, segala sesuatunya akan berubah ,perubahan itu abadi ..jadi ketika kita sedang ada masalah , sebaiknya kita cari solusinya dan akhirnya kita hendaknya berharap pada Allah, karena inipun akan berlalu , dan jika kita sedang bergembirapun, sebaiknya tidak melampaui batas sehingga lupa diri , karena inipun akan berlalu.

Tahukah kamu bahwa  :
- Hidup itu  kesempatan, gunakan itu.
- Hidup itu  keindahan, kagumi itu.
- Hidup itu  mimpi, wujudkan itu.
- Hidup itu  tantangan, hadapi itu.
- Hidup itu  kewajiban, penuhi itu.
- Hidup itu  pertandingan, jalani itu.
- Hidup itu  mahal, jaga itu.
- Hidup itu  kekayaan, simpan itu.
- Hidup itu  kasih sayang, nikmati itu.
- Hidup itu  janji, genapi itu.
- Hidup itu  kesusahan, atasi itu.
- Hidup itu  nyanyian, nyanyikan itu.
- Hidup itu  pertempuran, terima itu.
- Hidup itu  tragedi, hadapi itu.
- Hidup itu  petualangan, lewati itu.
- Hidup itu  keberuntungan, laksanakan itu.
- Hidup itu  sangat berharga, jangan rusak kan itu.

  Jika hidup dipandang sebagai sebuah pertempuran, maka kemenangan adalah hal yang dianggap paling utama. Orang seperti ini mungkin akan selalu menganggap sesuatu sebagai kemenangan dan kekalahan.
  Jika hidup itu adalah ujian, maka orang akan menganggap segala sesuatu yang dialaminya; kekecewaan, konflik dsb ;  sebagai sebuah ujian, yang akan membawanya ketingkat yang lebih tinggi (baca: berguna dalam pengembangan karakter, integritas dsbnya).
  Jika hidup dianggap sebagai sebuah titipan dan kepercayaan, maka orang itu menganggap bahwa apa yang dimilikinya sejatinya bukanlah miliknya, tetapi merupakan titipan, yang perlu dijaga sebaik-baiknya. Karena cuma titipan, maka suatu saat pasti akan di minta kembali oleh pemiliknya.

Akhir kata,saya sampaikan bagi yang akan liburan akhir tahun ,selamat berakhir tahun, bagi yang merayakannya (^_^) sll semangat untuk semuanya....
Dan semua yang kita alami saat inipun juga akan berlalu........!!!!.he he he..:)



a finales de aƱo, en el mes de diciembre,24,2013 

0 komentar:

Post a Comment