Thursday 28 November 2013

Diary, My spiritual journey of Hajj 2013..eps.7

Hari ke 28 Selasa 15 Okt’13 


Akhirnya bis yang akan mengangkut jamaah kloter 13 JKT rombongan Tanah Abang, berangkat pukul 01.00 WIB atau pukul 20.00 WAS berangkat ke Muzdhalifah.... 



di Muzdalifah jamaah disunnahkan memungut kerikil (batu kecil) sedikitnya 7 butir untuk setiap jumrah, kita mengumpulkan +/- 50 batu kerikil untuk 3 jumrah yang akan dilempar. Besok kita akan melempar jumrah Aqabah sesampainya di Mina. 

Mabit dan istirahat di Muzdalifah itu bagai pasukan tentara yang sedang menyiapkan tenaga dan memungut kerikil itu bagaikan menyiapkan senjata dalam rangka berperang melawan musuh manusia, yaitu syetan yang terkutuk, karena itu melontar jumrah adalah lambang  memerangi  syetan.



Pukul 00.04 para jamaah mulai diberangkatkan ke Mina, giliran rombongan Tanah Abang baru pukul 02.30 bisa diberangkatkan ke Mina, sampai Mina pas sebelum subuh. MCK-nya antri lebih panjang dibanding di arafah atau muzdhalifah. Selesai shalat subuh langsung berangkat lempar jumroh aqabah, jamaah jalan kaki sekitar 15 km pulang pergi karena salah ambil jalan pulang ke penginapan. 



Antri di MCK antrinya tetap membludak gak peduli panas terik, jamaah dengan setia antri didepan pintu MCK. Kontrol ke Dokter dikasih obat penahan haid, buang air kecil ditempat wudhu karena banyak jamaah yang berbuat seperti itu juga..ada yang ngomel-ngomel juga katanya “kalau gak bersih/banyak nyiramnya nanti orang yang mau wudhu terkena najis, dosanya ditanggung orang yang buang najis itu.."
Aah..emang kita sengaja buat orang kena najis? Jangankan mandi, mau buang air kecil aja antrinya seperti itu apalagi BAB..smoga aja gak sakit perut para jamaah ini..ganti baju, dalaman di tenda pakai sarung untuk penghambat pandangan orang..benar-benar perjuangan..semoga aku gak terpaksa BAB aja diwaktu yang tidak memungkinkan.

Hari ke 29 Rabu 16 Okt ‘13 
Sekarang pukul 02.49 WAS, semua sudah mulai antri di MCK, gak ada sepinya si MCK ini..yaa sudahlah gak usah mandi aja, masih bisa bersih-bersih besok di hotel di mekah dari pada keburu buru dan bikin lama antrian juga... Pagi ini para jamaah akan melontar 3 jumrah, smoga semua berjalan lancar. 
Alhamdulillah akhirnya bisa mandi juga meskipun ketemu kamar mandi agak jauh..mandi disiang bolong, tapi lumayanlah agak segar. 

Hari ke 30 Kamis 17 Okt ‘13 

Lempar jumroh terakhir sesudah shalat subuh, Alhamdulillah lancar..sesudah sarapan langsung berangkat ke mekah. Ada insiden waktu hampir sampai penginapan di mekah, bis tiba-tiba mogok gak bisa menanjak, mundur terus sambil tersendat sendat, jamaah pada teriak minta keluar bis karena ketakutan bis bisa aja kebalik, jalan menanjak miring hampir 45’..akhirnya bisa keluar semua jamaah tanpa membawa tas, untung gak jauh dari penginapan..capeeek deh..! 

2 komentar:

  1. Semoga Allah swt mengabulkan doa2 mu menjadi berkah dlm meneruskan hidup dan kehidupan,amin

    ReplyDelete