Friday 23 November 2012

Mengenal Penyebab Kebakaran.

Pernahkah anda membayangkan dunia ini tanpa api? Api bila dapat dikontrol akan banyak kegunaannya. Tapi bila sudah tidak dapat dikontrol lagi akan menjadi mudharat alias kerugian kebakaran

Kebakaran adalah suatu nyala api, baik kecil atau besar pada tempat yang tidak kita hendaki, merugikan dan pada umumnya sukar dikendalikan.

Api terjadi karena persenyawaan dari:
  1. a Sumber panas, seperti energi elektron (listrik statis atau dinamis), sinar matahari, reaksi kimia dan perubahan kimia.
  2. b Benda mudah terbakar, seperti bahan-bahan kimia, bahan bakar, kayu, plastik dan sebagainya.
  3. cOksigen (tersedia di udara)
Apabila ketiganya bersenyawa maka akan terjadi api. Dalam pencegahan terjadinya kebakaran kita harus bisa mengontrol Sumber panas dan Benda mudah terbakar.

Mari kita mengenal apa saja penyebab dari kebakaran ini :

1.       Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda padat, misalnya kertas, kayu, plastik, karet, busa dan lain-lainnya. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: air, pasir, karung goni yang dibasahi, dan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering.

2.      Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda mudah terbakar berupa cairan, misalnya bensin, solar, minyak tanah, spirtus, alkohol dan lain-lainnya. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: Pasir dan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering. Dilarang memakai air untuk jenis ini karena berat jenis air lebih berat dari pada berat jenis bahan di atas sehingga bila kita menggunakan air maka kebakaran akan melebar kemana-mana.

3.      Kebakaran yang disebabkan oleh listrik. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: Alat Pemadam Kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering. Matikan dulu sumber listrik agar kita aman dalam memadamkan kebakaran.

Setelah kita mengetahui klasifikasi, suatu kebakaran maka kita harus bisa mengelola kesemuanya itu menjadi suatu sistem pencegahan bahaya kebakaran,yakni :

  I    Identifikasi bahaya yang dapat mengakibatkan kebakaran

Bahan Mudah Terbakar, seperti karpet, kertas, karet, dan lain-lain

Sumber Panas, seperti Listrik, Listrik statis, nyala api rokok dan lain-lain

Nilai Resiko
Resiko tinggi karena menyebabkan membahayakan jiwa banyak orang

Monitoring
Inspeksi Listrik, Inspeksi Bangunan, Inspeksi Peralatan Pemadam Kebakaran, Training, Fire Drill / Latihan Kebakaran dan lain-lain

Recovery / Pemulihan
Emergency Response Plan / Rencana Tindakan Tanggap Darurat, P3K, Prosedur-Prosedur, dan lain-lain.



1 komentar: