Thursday 28 November 2013

Diary, My spiritual journey of Hajj 2013..eps.9

Hari ke 36 Rabu 23 Okt ‘13 

Shalat subuh di penginapan saja, capeknya masih terasa, hari ini rencana umroh sunah jam 22.00 WAS, miqat di Tannim lagi. Umroh berjalan lancar, selesai hampir jam 03.00 WAS..lumayan capek, umroh sunah kali ini aku niatkan buat nenek Dalipah (mamanya mama..) 

Hari ke 37 Kamis 24 Okt ‘13 

Umroh sunah pulang sampai penginapan jam 03.00 WAS dini hari. Malamnya selamatan haji di mushala penginapan..acaranya makan-makan lagi. 

Hari ke 38 Jumat 25 Okt ‘13 

Shalat subuh ke Haram trus pulangnya nyari pesanan anak-anak..gak ketemu pesanan mereka.. Malam ini umroh terakhir, miqat di Ji'ranah..Ya Allah beri hamba kekuatan dan kesehatan, niat umroh kali ini untuk nenek Fatimah (mamanya papa..)
Ji’ranah, adalah sebuah desa yang berjarak sekitar 26 km dari Kota Makkah. Nama ini pada mulanya adalah sebuah nama yang diberikan kepada seorang wanita yang mengabdikan dirinya menjaga dan membersihkan sebuah masjid yang terdapat di desa tersebut.

Dari segi fadhilah, berarti Ji’ranah tidak berbeda dengan tempat-tempat miqat lainnya, seperti Bir ‘Ali (Zul Hulaifah), Tannim, Hudaibiyah (asy- Syumaisyiyah), Rabigh, al-Juhfah, Yalamlam, Qarnu al-Munazil, dan Zatu lrq. Justru dalam satu riwayat disebutkan, bahwa Ji’ranah memiliki derajat yang lebih tinggi dibanding dengan tempat-tempat miqat lainnya. 

Hari ke 39 Sabtu 26 Okt ‘13 

Ke bangun jam 04.30 WAS setelah pulang umroh jam 02.00 dini hari..pada teller semua. Habis shalat ashar di penginapan baru berangkat ke Haram..sebelumnya mampir ke Zam zam beli titipan si mami (tante ku.red)


Hari ke 40 Minggu 27 Okt ‘13 

Shalat subuh ke Haram ber 6..yang 2 orang semalam iktikaf di haram, sarapan di Zam Zam Tower. Penimbangan koper, Alhamdulillah gak masalah beratnya cuma 31 kg.

Hari ke 41 Senin 28 Okt ‘13 

Shalat subuh terakhir di Haram, semoga ini bukan buat yang terakhir kali disisa umurku ini..semoga masih diberi izin oleh Allah untuk datang lagi di waktu yang akan datang. Ba’da ashar ke Haram, nunggu bis lama sekali, sampai Haram mampir ke Zam Zam dulu ada teman yang beli mas. Pak ustad bilang sesudah tawaf wada' gak boleh lagi belanja kecuali belanja untuk makan...akhirnya shalat maghrib diluar mesjid, mau nyari tempat shalat isya didalam mesjid mendadak aku merasa mules..akhirnya nekad ke toilet sendiri, pas azhan bisa nyampe pintu 22, shalat isya disitu. 
Alhamdulillah ketemu jamaah satu rombongan, rame-rame menuju tempat kumpul untuk tawaf wada’. Mulai tawaf wada’ pukul 21 lewat..selesai!! 
Sekarang di bis sudah menunjukkan pukul 23.09 WAS. 


Alhamdulillah selesai sudah ibadah haji..izinkan hamba kembali kesini lagi ke baitullah ini lagi yaa Allah..

0 komentar:

Post a Comment