Saturday 1 December 2012

Bahagia Itu Bagian Rasa Syukur.

Kebahagiaan adalah salah satu hal yang diinginkan oleh setiap orang di dunia ini. Siapa sih orang nya yang tidak mau bahagia? 


koleksi pribadi
Kebahagiaan setiap orang pasti berbeda namun pada dasarnya adalah sama. Seorang mahasiswa pasti memiliki standar berbeda dengan seorang ibu rumah tangga. Seorang ibu rumah tangga cukup merasa bahagia melihat anaknya berhasil lulus kuliah.  Atau Ciuman terima kasih atau sepucuk kartu bertuliskan “Aku Sayang Bunda” dari si jagoan kecil, akan menjadi hadiah luar biasa membahagiakan. .


Jadi kebahagiaan itu sifatnya relatif,,,,,,,bukankah begitu ??
Bahagia itu dekat dengan rasa syukur, seorang Muslim setiap hari harus selalu bersyukur, dampaknya; rezeki bertambah. Allah menjanjikan bahwa rezeki akan bertambah jika kita bersyukur.
Dalam shalat lima waktu, setidaknya 17 kali membaca Al Fatihah, dalam satu kalimah “Alhamdulillahi rabbil alamin”. Belum lagi bacaan lain, seperti dzikir setelah shalat. syukur itu melatih kepuasan batin.
Rasa syukur bisa membatasi diri dari sifat berlebihan. Bersyukur tanpa bergerak sama saja diam ditempat. Optimis tanpa kerja keras sama saja bermimpi. Kebahagiaan seharusnya tidak dibatasi secara sempit ketika bahagia mencapai target.
Ketika target yang lebih tinggi gagal dicapai, seringkali orang berputus asa dan merasa tidak bahagia, padahal dia sudah mencapai banyak target sebelumnya. Seringkali hanya karena target terakhir yang gagal tercapai, orang menjadi frustasi. Target terakhir sering-kali jadi ukuran kebahagiaan .
Otherwise, kebahagiaan bukan hanya berbicara masalah target terakhir (yang pengharapannya) lebih tinggi. Kebahagiaan itu berbicara lebih komprehensif,
Banyak sekali orang yang menganggap bahwa harta bisa menjadikan seseorang itu bahagia. Apakah itu benar?
Jawabannya akan sangat tergantung pada niat seseorang dalam mendapatkan harta atau kekayaan tersebut. Harta bisa membuat hidup bahagia bahkan sangat bahagia sebaliknya harta juga bisa menjadikan orang sengsara bahkan sangat rakus.
Sebenarnya apa sih yang kurang?....yang kurang itu adalah rasa syukur kita
Bagi sebagian orang mungkin sudah merasakan nikmatnya sebuah pencapaian dan merasakan juga bagaimana perihnya perjuangan untuk pencapaian ke semua itu.
Tanpa kita sadari hidup ini bagai melewati jalanan yang penuh dengan berbagai rintangan menghadang. Sebagian orang terlena dan jatuh dalam kubangan rintangan itu. 
Kado terindah yang akan selalu di hati, bukan di beli dengan harga yang mahal. Kado yang akan selalu bertahan di hati orang yang menerima adalah sesuatu yang diberikan dengan ketulusan hati dan rasa cinta kasih.
Seperti harapan banyak orangtua, anak adalah suatu keindahan dalam diri mereka, yang selalu menghiasi hari demi hari... dengan memandang anaknya.
Nampak suatu  kepolosan yang begitu berharga... mereka  adalah jejak  yang mengiring  langkah kehidupan... 
Seorang ibu (bunda, mama, emak, mami apa pun sebutannya),mengandung, melahirkan, dan membesarkan anak bisa menjadi pekerjaan paling membahagiakan atau paling membuat frustrasi bagi seorang perempuan berstatus “ibu”.
Berjuta pengalaman bisa membuat mereka menangis bahagia atau justru karena kesal. Berbagai emosi yang bisa muncul dalam menjalani peran sebagai ibu ini sungguh luar biasa
koleksi pribadi
Ah, tentunya tak terhitung banyaknya kebahagiaan yang dirasakan seorang ibu, mulai dari saat pertama melihat bayinya yang baru lahir, mendengar kata pertama, menyaksikan langkah pertama, dan berjuta peristiwa bahagia lainnya. Betapa kebahagiaan seorang ibu sangat dipengaruhi oleh anak-anak mereka.
Jadi ibu membuat seorang perempuan merasakan kebahagiaan yang bahkan di luar dirinya sendiri, juga yang berasal dari orang lain sekalipun.
Kadang ibu rentan menjadi marah, apalagi dengan anak yang terus bertumbuh besar setiap hari dengan tingkah polah mereka yang tidak selalu ‘manis’.
Balita yang seringkali jadi tantangan tersendiri bagi kesabaran ibu, belum lagi remaja yang mulai melawan dan rasa-rasanya semakin tidak menghormati ibu!
Ya ampun! …Jujur atau tidak, pada titik tertentu, semua ibu pasti pernah merasa marah, dan itu manusiawi, mengingat kita berurusan dengan manusia lain yang sedang berkembang secara fisik, emosional, dan intelektual.
koleksi:Herdianes Heri Hermawan
Di tiap fase berbeda dengan tantangan berbeda sungguh tak mudah, apalagi kita terlibat secara emosional pada mereka, tak lain adalah karena kita sungguh-sungguh mencintai mereka.
Hidup seorang ibu tidak pernah lepas dari suprise. Mulai dari pertama bayi sukses berguling, mengucapkan kata “mama”, anak berhasil menyanyikan lagu pertamanya, dan semua hal-hal kecil menyenangkan yang menghiasi kehidupan ibu. Takjub dengan segala pencapaian anak yang baru, prestasi-prestasinya yang membanggakan bahkan bantuan dan kata-kata tulusnya di saat yang tidak ibu harapkan.
Terkesima dengan perkembangannya yang begitu menakjubkan, seakan tak percaya dengan semua yang sudah bisa anak lakukan sendiri sekarang, yang terlintas di pikiran justru seperti baru kemarin ibu melahirkannya !!!
Semua bentuk hambatan dan tantangan emosi manusia yang dapat terpikirkan, melanda kehidupan seorang ibu. Tak terelakkan dan tak terbantahkan. Sungguh istimewa hak untuk menjadi ibu. Sesuatu yang tidak ingin di tukar dengan apa pun di dunia ini.
koleksi : Scholastica Stefania
Rasa bahagia yang mungkin belum pernah di rasakan sebelum menjadi orangtua saat ini. Menjalani hidup sebagai seorang ibu dari 3 anak sungguh mengubah hidup dan diri saya dalam begitu banyak sisi…
Itulah salah satu kebahagiaan yang patut ku syukuri..Bahagia yang kurasa ini bagian rasa syukurku pada Allah SWT, Tuhan yang memberiku kehidupan ,,
Akhir kata..Aku jadi terharu bila ingat Mama memberikan cintanya setulus hati padaku …Terima Kasih Mama dan Papa, hari ini cucumu telah jadi sarjana..!!.

CA 301112

0 komentar:

Post a Comment