Saturday 19 March 2011

Menyusuri Labirin Kisah..

Jangan berusaha untuk mengunci CINTA dalam hidupmu dengan berkata "tidak mungkin saya temukan", cara tercepat untuk mendapatkan cinta dengan memberinya, cara terbaik untuk menjaga agar cinta tetap tumbuh dengan memberinya "sayap".

Cinta pada pandangan pertama..hati terasa bergerak perlahan makin lama makin tak beraturan seperti  lampion kertas diamuk angin kencang datang tiba-tiba..aku terbang, hati tak tenang.

Hanya cinta yang dapat membangun ruang keberbedaan menjadi sebuah istana indah, penuh tawa, berwarna, beraroma meski terkadang tergores luka..

Apakah cinta harus memiliki?! Bila memang memiliki, lantas untuk siapa cinta itu sebenarnya?! Untuk yang dicintai atau untuk diri sendiri?! Bila memang untuk yang dicintai, kenapa harus dimiliki?! Kenapa tidak diberikan?! Bila memang untuk diri sendiri, ya, wajarlah..!

Kadangkala, orang yang paling mencintaimu adalah orang yang tak pernah menyatakan cinta padamu, karena kau takut berpaling dengan memberi jarak, bila ia suatu saat pergi maka kau akan menyadari ia adalah cinta yang tidak kamu sadari..

Perasaan cinta tak pernah pudar dalam palung hatinya. Hanya rasa itu yang bisa membuatnya bertahan. Meski semuanya tak berakhir bahagia,  Tapi dia tahu bahwa sesungguhnya ia belahan jiwaku. Itulah yang ada dalam pikiranku saat ini.

Cukuplah kau mencintai Allah dengan sepenuh hatimu karena dengan mencintai Allah, kau akan mencintaiku karena-Nya. Cinta itu lebih abadi daripada cinta biasa. Smoga cinta itu juga yang akan mempertemukan kita kembali di syurga….

Memang cinta itu sulit banget diartikan, .memang lebih baik dicintai dari pada mencintai karena mencintai harus siap disakiti dan menangis.

Kehilangan adalah bagian dari perjalanan kehidupan dan cinta yang hanya bisa disyukuri, kehidupan itu bagaikan bawang bombay, ketika dikupas selapis demi selapis, akan habis, dan adakalanya kita dibuat menangis.

Dalam kedukaan yang amat sangat bayangan pedih bergantungan ditangkai hati dalam bayang kelam betapa kejamnya kasih sayang menghantar aku ke laut mati tanpa penyelesaian berderai jatuh bersama airmata yang mengalir sepi dan sendiri.

Doa yang pilu adalah permohonan dari mereka yang hancur hatinya dan menyisakan pengharapan. Dan bila pengharapan pun terenggut dengan paksa, maka yang tersisa adalah kesedihan yang dalam dan tak berujung sampai diri berani merebut kembali pengharapan itu.

Aku dan kau hanya bisa diam sambil sesekali berkedip cinta, tanpa bicara, tanpa suara tapi kita mengerti segenap bahasa yang ada, waktu dan ruang merenggut hadirmu, tak ada gunanya menyalahkan masa tak ada faedahnya menghitung hari, cukup bagiku..

Bagi orang yang berpikir..berkas-berkas masa lalu akan dilipat dan tak pernah dilihat kembali, atau ditutup rapat-rapat lalu disimpan dalam ruang peng-lupaan, diikat dengan tali yang kuat dalam penjara pengacuhan selamanya..

Selamatkan diri dari bayangan masa lalu, apakah kita ingin mengembalikan air sungai ke hulu, matahari ke tempatnya terbit dan airmata ke dalam kelopak mata?

Tuhan tidak memberikan  yang telah ditakdirkan padamu untuk orang lain, begitu juga Dia takkan memberikan apapun yang ditakdirkan kepada orang lain, unutukku.

Ketika cinta tak berpihak, kebesaran hatilah yang harus dijaga..jangan berhenti berharap, mungkin cintaku sebelum hidup bersama dengannya telah berganti persepsi.

Aku tak ingin kau menangis bersedih..Sudahi air mata darimu..Yang aku ingin arti hadir diriku kan menghapus dukamu sayang.. Karena bagiku kau kehormatanku....

Semua keinginan akan aku lakukan sekuat semampuku karena bagiku kau kehormatanku, coba diam walau hanya tuk sejenak dengarkan kata dari s'gala yang ku ucapkan, "Ku jelang pagi ini nikmati damai di hati, dalam waktu penuh arti karena aku dicintai, ku ingat kemarin suasana tak bersemangat, namun kini ku jalani dan semua rasanya tepat, bersama kita coba wujudkan harapan, membuka jalan damai gapai setiap tujuan.."

Tongkat dan batu bisa mematahkan tulangku dan merobek kulitku biar terpisah, tetapi tidak ada yang menyakitkan aku lebih dari kamu, karena kau patahkan hatiku ini.

Untuk hari ini aku akan hidup, wahai masa lalu yang telah pergi dan menghilang, enyahlah seperti angin. Aku tidak akan menangisi kepergianmu dan engkau tidak akan melihatku duduk merenung tuk mengingatmu barang sejenak pun, karena kau sudah tinggalkanku, hijrah dari diriku dan pergi dariku untuk selamanya tanpa kembali.

Allah memalingkanmu dari takdir yang satu ke takdir yang lain, yang dengannya Ia bermaksud memberimu aku.. Kita berlari dari takdir Allah menuju takdir Allah." Jalani Hidup Apa adanya...jadi janganlah bersedih dan mengeluh..pasti akan ada kebahagiaan itu bagi kita, baik di dunia maupun di akhirat nanti.. 

Tak sekuat yang pernah ku bayangkan selama ini, tak sekokoh harapanku memilikimu. Biarkanlah cinta diam dalam nada, hingga hariku berlalu bersama datangnya rindu membawa semua mimpiku, namun senja akan selalu datang tak perlu resahkan senja karena selimut malam tenangkan jiwa. Ilalang tak pernah mengeluh karena ilalang lahir untuk terus berjuang dan tersenyum..

Jangan sesekali mengatakan kita tidak mencintainya lagi, jika kita masih tidak dapat melupakannya.

Apalah yang ada dalam diri karena adanya sepi yang setia bertandang, kalau diri juga merasa tidak diperlukan. Bisikan dan gemerisik suaramu masih membelai kamar sepiku, senyuman dan juga senda guraumu terbayang diingatan siang dan malam silih berganti, resah kian mengiris hati, kabarnu amat kunantikan, engkau ku rindukan.

Orang sendiri membaca diri pada sunyi dipahatkan mimpi menggeleparlah ia pada sepi menuai kenangan-kenangan menusuk ke lubuk hati dalam puisi, sepertinya hanya sunyi hanya sepi hanya mimpi terbubuh lewat jemari, orang sendiri membaca diri tak henti-hentinya.

Melalui hari seperti hanya untuk menunggu malam saat bisa meluangkan masa berkelana berangan-angan meniti mimpi yang kadang bermain di mata telanjang. Saat matahari mulai bercakap, rembulan memelintirkan tubuhnya dalam kelelahan..bersirobok dengan kebisuan membatu di pematang malam, dan galau yang sepertinya tak pernah bertepi biarlah kusimpan sendiri.

Rasa takut ditolak dan kemungkinan mendapat malu sempat menghentikan niat kita.. sudahlah kawan tak perlu kau sedu sedan seperti itu, aku tahu itu bukan kemauanmu.

Wahai sang mentari pagi adakah kau simpan kisahku yang telah lalu di pantai ini diatas pasir putih ini ku bermain kala itu yang terbenam bersamamu..(impianku waktu itu). Semoga saja aku masih boleh mencintaimu salahku menyimpan bayanganmu dihatiku kini andai kau pergi dariku luka hatiku takkan terobati, sebagian jiwaku terempas bersamamu.

Kadang cinta dalam hati itu indah walau tak bisa memiliki. Sebuah pertemuan yang singkat tapi menyimpan makna dihati sekian lama tertahan, jika sang waktu menghendaki pasti akan selalu ada yang kedua..

Kesedihan itu menjadi penting ketika menjalani hidup tanpa mencintai tapi akan hampir sama sedihnya meninggalkan dunia ini tanpa mengatakan pada orang yang kita cintai bahwa kita mencintainya.

Mengapa harus berjumpa saat dirimu tlah berdua, ingin rasanya lari dari kenyataan, ketika hasratku bersamamu namun kau tak kuasa melawan sumpah yang tlah terucap. Meski tak bisa bersama tapi bayangmu menghiasi hari-hariku.

Menerima tanpa harus menghindari terdiam tanpa harus banyak kata dan mengiyakan tanpa harus menyesali karena kehilangan hanya sebuah kata yang akan tergantikan dengan menemukan. Tuhan selalu lebih tahu untuk itu, aku tak akan mengingkari lagi. Untuk rembulan di sayap Jibril dan mengubur rindu di pusara jiwaku, kubiarkan kerinduan itu mengembara..

Aku sadar, bahwa ini  jalan yang kupilih. Pilihan yang juga dipilihnya, dipilih oleh kami. Jadi..jangan bilang aku bodoh, karena aku hanya menjalani pilihanku.

Pemahaman yang terlambat mungkin, seharusnya ini perasaan yang ada sedari dulu. Pernah suatu masa dalam hidupku aku berpikir dan merasa aku tak layak mencinta dan dicinta, maka hidupku menjadi rentetan kesakitan dan aliran airmata kesedihan dalam kelam kesendirian.

Menjadi ikhlas berarti seluruh jiwa dan hati sudah bisa menerima dan mengerti akan apa yang terjadi, walaupun didalamnya sarat dengan airmata dan rasa pedih di hati..

Satu yang dapat dipahami bahwa menjadi ikhlas bukan berarti tanpa diiringi penyesalan, menjadi ikhlas tidak selamanya harus selalu kuat seperti batu karang dan menjadi ikhlas tidak harus tanpa airmata..

Jika impian lebih sering diimajinasikan ternyata dapat melipatgandakan kekuatan dari pikiran bawah sadar.
Bermimpi itu gampang..sesuatu yang hidup di alam khayal. Namun mewujudkannya di alam nyata membutuhkan perjuangan keras.

Tak ada yang bisa kuungkapkan lewat kata-kata..
Aku kehilangan kata-kata yang tepat untuk menyampaikan ini semua dengan baik. Semua kata-kata yang akan kurangkai sepertinya tak mencukupi untuk menerangkan ini semua. Aku tidak tahu bagaimana yang sebaiknya kulakukan.

Di balik sebuah mimpi ada sebuah harapan ada sebuah kisah yang tersimpan..
Panjang dan panjang sekali aku melangkah..
Tuhan, bantulah aku mengatasi kelelahan ini, biar aku tetap semangat..

Aku tahu dalam hidup ini, kita akan menghadapi semua bentuk kebahagiaan dan kekecewaan, sungguh bahagia jika aku bisa melaluinya..

Pesan untuk semua saudaraku: Jika ada sesuatu yang mengganjal di hati diantara kalian yang saling mengasihi, sebaiknya utarakanlah jangan simpan didalam hati, siapa tau apa yang akan terjadi besok?

Jadilah dirimu sendiri..jangan sampai kalian dikalahkan sama diri kalian sendiri hanya karena cinta sesaat.













0 komentar:

Post a Comment